Rumah Belajar Phinisi [klik di sini]

Posted by : arick anjasmara Friday, March 27, 2015




Komputer berasal dari bahasa latin "computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Tetapi pengertian komputer saat ini bukanlah semata-mata sebagai alat hitung saja tetapi adalah suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan sistem operasi (operating system) menurut program-program yang diberikan kepadanya.

Sejarah Komputer

Berikut merupakan contoh penemuan komputer:
1. Abacus, adalah alat yang paling awal digunakan untuk perhitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik-manik yang bisa digeser. Saat ini lebih dikenal dengan istilah sempoa.

2. Babbage, adalah mesin hitung mekanik  untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822 yang ditemukan oleh Charles Babbage. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, babbage terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine.Atas sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern.


Generasi Komputer

·         Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)
Awal Mula diciptakan komputer adalah pada saat terjadinya Perang Dunia II, negara - negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Perkembangan Komputer Generasi I diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibanding Mark 1. Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University Of Pennysylvania. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit/ CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang di buat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann. UNIVAC dimiliki oleh Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric. Salah satuhasil mengesankan komputer UNIVAC, yaitu prediksi kemenangan Eisenhower dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 1952.
Berikut Karakteristik komputer Generasi I secara umum :
1.  Sirkuitnya Menggunakan Tabung Hampa. Penggunaan Tabung Hampa tersebut yang membuat ukuran komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar.
2.    Komputer mempunyai silinder magnetik untuk menyimpan data.
3.    Programnya hanya bisa dibuat menggunakan bahasa mesin.
4.    Instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu.
5.    Menggunakan Konsep Stored Program dengan memori utamanya adalah Magnetic Core Storage.
6.    Menggunakan Simpanan Luar Magnetic Tape dan Magnetic Disk
7.    Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruang yang luas.
8.    Suhunya cepat panas, sehingga diperlukan pendingin.
9.    Prosesnya kurang cepat.
10.  Daya simpannya kecil.
11.  Membutuhkan daya listrik yang besar.

·         Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Tahun 1948,ada 3 orang fisikawan Amerika (Walter Houser Brattain, Jhone Barden, William Brandford penemu transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Komputer yang menggunakan Transistor sebagai Processornya (1956 - 1958 M). Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
Berikut Karakteristik komputer Generasi II secara umum :
1.    Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan transistor pada sirkuitnya
2.    Menggunakan memori yang cukup besar
3.    Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk removable disk seperti megnetic disk dan magnetic tape 
4.    Penggunaan aplikasinya lebih luar
5.    Proses operasinya lebih cepat
6.    Penggunaan daya lebih kecil 
7.    Program yang dibuat dapat menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti FORTAN, COBOL, dan ALGOL.

·         Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Salah satu kemajuan komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri komputer generasi III :
1.    Menggunakan IC ( Integrated Circuit )
2.     Pemrosesan lebih cepat
3.     Kapasitas memori lebih besar lagi
4.    Penggunaan listrik lebih hemat
5.     Bentuk fisik lebih kecil
6.    Banyak bermunculan application software

·         Komputer Generasi Keempat (1970 – 1990)
Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an,video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor,dan sekolah.
Ciri komputer generasi IV :
1.    Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI )
2.    Microprocessor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.
3.    Munculnya PC
4.    IBM 370, komputer generasi keempat yang pertama
5.    Cray 1, Komputer super pertama
6.     Apole II, Personal Computer pertama
7.    Komputer IBM PC yang pertama
8.    Pentium II
9.     AMD K6 3D

·         Komputer Generasi Kelima

Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.


Sumber:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
  • http://maulana.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/35965/1.+Sejarah+dan+Perkembangan+komputer.pdf


  • { 4 komentar... read them below or Comment }

    1. When you’re out climbing or just enjoying the beautiful outdoors, sometimes the sun can be pretty brutal on your eyes. There are so cheap ray bans many different types of sunglasses on the market today that it can be overwhelming when you’re trying to decide on what pair to buy. ray ban 2140 wayfarer Out of the Blue Eyewear can provide the right style and look for your eyes.Out of the Blue, founded by Steve Berenson, has been ray ban sunglasses providing affordable sunglasses to consumers for thirty years. They have a great collection of sunglasses for the outdoor enthusiast that are polarized and help ray ban aviators your eyes avoid that blazing sun. At times while climbing certain rock, the sun can not only be extremely hot, but the reflection of prescription ray ban sunglasses brightness from the rock can make your eyes tear up. The Out of the Blue polarized sunglasses block that reflection so you can comfortably clubmaster sunglasses ray ban see the wall you’re climbing without eye irritation.
      For those of us who require a little bit more help in the vision department and aviators ray ban need some reading lenses but also want the convenience of having a sunglass as well, the BiFocal Sun Readers are ideal for your outdoor ray bans sunglasses activity. The Sun Readers have reading lenses with a sun-tint and have maximum UVA/B protection. The print in climbing books can get pretty small ray ban eyeglasses frames when trying to decipher which direction a route goes, so the Sun Readers can be very beneficial when you’re figuring out which route to rayban glasses climb.Elana Westphal, an award winning designer, brought her talents to the Out of the Blue affordable line of reading glasses which include the Sun ray ban sunglasses outlet readers, Clear Readers and Weeding Glasses.The Marauder polarized sunglasses fit very nicely and stayed on while climbing for a day. There are some polarized clubmaster ray bans sunglasses that have a tendency to distort vision which makes them uncomfortable to wear, but the Marauder sunglasses were very comfortable and there were ray-ban sunglasses no problems with visibility. They have scratch resistant polycarbonate lenses as well as hand-polished polycarbonate frames with precision optical hinges. It was a good thing they have the scratch resistant lenses as ray ban new wayfarer sometimes loose debris and rock would fall

      ReplyDelete
    2. Nice Info Jangan Lupa http://sewa-laptop-surabaya.blogspot.co.id

      ReplyDelete
    3. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

      ReplyDelete
    4. I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

      ReplyDelete

    Official Arickanjass

    Arickanjass Followers

    Komentar Terbaru

    - Copyright © Arickanjass Blog! -Metrominimalist - Designed by Johanes Djogan - Edited by @arickanjass - Sitemap Arickanjass Blog!