STRAWBERRY PROLOG: Membuat Button dan Messagebox

jika sebelumnya saya membuat tutorial dan code tentang membuat garis pada prolog, sekarang saya ingin menjelaskan bagaimana cara membuat button di strawberry prolog. Download strawberry prolog di sini

setelah download dan ekstrak, buka prolog.exe, klik file > new > pilih strawberry project (untuk penjelasan lihat di posting saya di sini)
ketikkan code berikut
?-
    window( _, _, window1(_), "Judul window di sini", 100,200,300,400).

penjelasan code di atas ada di posting saya sebelumnya
lalu lanjutkan code di atas dengan mengetik code berikut di bawahnya

window1(init):-
    button(_,_,coba_button(_), "klik di sini", 50,60,70,80).

  • window1(init) adalah fungsi untuk membuat program saat window1 di buka atau dijalankan. nama window1 diambil dari fungsi window yang telah dibuat sebelum “judul window di sini”.
  • button adalah memanggil library button pada prolog, sedangkan coba_button adalah nama dari button yang akan dibuat.
  • “klik di sini” adalah teks dari button tersebut dan 50,60,70,80 adalah koordinat dari button tersebut. lihat gambar di bawah

button prolog
gambar 1

setelah muncul button, maka kita akan membuat showmessage saat button tersebut di klik. caranya, tambahkan code di atas dengan code ini
coba_button(press):-
    message("judul message","halo saya show message",i).

coba_button adalah nama button yang telah dibuat sebelumnya, I setelah “halo saya show message” adalah tipe icon dari message tersebut. I berarti bertipe information, ! berarti warning, ? berarti question.
message
gambar 2

Comments

Popular posts from this blog

cheat plants vs zombies menggunakan cheat engine

STRAWBERRY PROLOG: Membuat Garis (Line)

DOWNLOAD: Emulator PlayStation 1 (PS1) for Windows