Bermain dengan Python I

mendengar kata PYTHON, pasti yang ada dipikiran anda adalah seekor ular besar pemakan daging. (dipikiran saya juga begitu sebelumnya).


berbeda dengan yang ini, Python yang akan saya bahas adalah python programming. pemrograman python itu lebih mudah dibanding pascal dan java (menurut saya). python adalah pemrograman berbasis interpreter yang biasanya digunakan untuk membuat game, dan kabar yang saya dengar, search engine google menggunakan pemrograman python juga loh .

python shell
*python yang saya gunakan adalah python 2.5.4

langsung ke pembahasan dasar dasar nya dulu aja ya.

pertama tama buka dulu window baru nya dari shell tekan CTRL + N

ketik code berikut :

a = 1
b = 2

c = "saya sedang belajar python"
d = a + b
print c #cetak variabel c

print d #cetak variabel d


run program dengan cara tekan F5 dan save sesuai nama yang diinginkan
maka output yang keluar adalah

saya sedang belajar python
3

kode komentar pada python selalu di awali dengan # atau bisa juga kutip 1 sebanyak 3 kali ''' dan ditutup juga dengan kutip 1 sebanyak 3 kali '''.

sama seperti pemrograman lain, python mengenal macam macam tipe data termasuk integer dan string (teks). dan berbeda dengan pascal yang harus pendeklarasian variabel di awal program, pada python, tanpa deklarasi variabel pun program tetap berjalan. pendeklarasian variabel biasanya digunakan jika variabel untuk global (akan dijelaskan di posting berikutnya).

untuk mengetahui jenis / tipe data sebuah variabel pada python, dapat mengetikan dengan format kode berikut di shell nya:
type ("nama variabel")

sebagai contoh dari program di atas ketiklah kode berikut pada shell:
type (a)

maka yang muncul adalah type<'int'> yang berarti integer
output

saya rasa untuk dasar cukup segitu aja. untuk pelajaran berikutnya akan ada struktur percabangan dan perulangan tentunya di part berikutnya . ada pertanyaan, comment aja bebas

Comments

Popular posts from this blog

cheat plants vs zombies menggunakan cheat engine

STRAWBERRY PROLOG: Membuat Garis (Line)

DOWNLOAD: Emulator PlayStation 1 (PS1) for Windows